Sabtu, 16 Februari 2013

KARTONO RYADI : FOTOGRAFER OTODIDAK KELAS DUNIA


Salah satu nama besar dalam jurnalistik foto Indonesia yang 2 kali meraih penghargaan dari World Press Photo. Penghargaan pertama diraihnya lewat foto Pangeran Bernard dari Belanda yang sedang menggendong orang utan dalam kunjungannya di Indonesia (1974). Penghargaan kedua berkat karyanya foto pesut yang sedang melahirkan di Ancol (1980). dalam perkembangannya, ia kemudian mengkhususkan diri pada foto jurnalistik olahraga. 

Lahir di Pekalongan (Jawa Tengah) pada 30 Juni 1945, fotografer handal ini biasa dipanggil dengan nama KR. Berbeda dengan kebanyakan fotografer, KR belajar fotografi secara otodidak. Ia bahkan sempat bekerja sebagai guru SMP di Jakarta sebelum kemudian memenuhi panggilan jiwanya terjun ke dunia jurnalistik. Awalnya KR bergabung dengan majalah Ekspress sebagai fotografer. dari sana, ia kemudian pindah ke suratkabar Kompas (1971). Meski  ilmu fotografi didapatnya secara otodidak, KR dikenal sebagai fotografer yang memiliki teknik  tingkat tinggi. Lebih istimewa, KR memiliki naluri yang kuat dalam menangkap momentum sensasional, hal yag amat diperlukan jurnalis foto handal. 

KR wafat 31 Agustus 2005 di Jakarta. Dari sekian karyanya, foto ratu bulutangkis tahun 80-90-an Susi Susanti yang sedang menitikkan air mata ketika memenangkan medali emas Olimpiade Barcelona, Spanyol (1992) merupakan favorit KR. (MGH/Foto: Aryono Huboyo Djati)

1 komentar:

  1. Komputer Macintosh seri apa itu yang di depannya?

    BalasHapus