Senin, 17 September 2018

PROF. DEDEN RUKMANA : TIDAK MELUPAKAN INDONESIA


Setahun lalu Indonesia sempat dipermalukan mahasiswa S3 TU Delft Belanda, Dwi Hartanto. Tapi omong besar satu manusia halu jelas tidak mewakili Indonesia. Masih banyak putra-putri Indonesia yang BENAR-BENAR berprestasi di negara orang dan menempati posisi terhormat di bidang ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah Prof. Deden Rukmana, guru besar A&M University Alabama sekaligus pimpinan Community and Regional Planning Department di universitas yang sama. Sebelumnya, Prof. Deden menempuh pendidikan S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Deden terbang ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan S2 di Florida State University dan S3 di University of Southern California dengan spesialisasi di bidang ilmu perencanaan dan pembangunan. Tahun 2006, Deden mulai bekerja di Savannah State University sebagai Asisten Profesor. Bersama sang istri Rita dan kedua anak mereka, Alivia serta Hilmy, Prof. Deden tinggal di Savannah, Georgia hingga kini

Di luar bidang keilmuan, Prof. Deden adalah penggemar berat olahraga tenis. Ia selalu berusaha menyempatkan diri menonton turnamen langsung di arena tenis. Minatnya yang lain adalah ngeblog, terutama yang berhubungan dengan bidang keilmuannya.

Belasan tahun tinggal di Amerika Serikat bersama keluarganya tidak membuat Prof. Deden aktif di organisasi diaspora Indonesia. Ia bahkan menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Ilmuwan Internasional Indonesia (I-4). Prof. Deden juga senang berbagi ilmu lewat blognya: indonesiaurbanstudies.blogspot.com. Berbakti pada Tanah Air memang bisa di mana saja, bahkan ketika tinggal sangat jauh sekalipun. (mgh/foto: istimewa)







 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar