Kamis, 13 September 2018

FARMAN PURNAMA : SOLIS OPERA INTERNASIONAL


Menyandang gelar arsitek dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bagi sebagian besar orang Indonesia menjadi jaminan kehidupan makmur dengan pekerjaan kantoran. Namun Farman Purnama memilih mengikuti panggilan jiwanya menjadi penyanyi opera. Tidak hanya membintangi panggung di dalam negeri, Farman menjelajahi panggung-panggung opera di luar negeri. Kelantangan suaranya yang indah ditunjang teknik bernyanyi yang mumpuni, telah mengantarkan Farman melakoni berbagai opera diantaranya sebagai Iro dan Giove dalam Il Ritorno d'Ulisse in Patria produksi Opera Studio Nederland di Amsterdam, sebagai Ferrando dalam Cosi fan Tutte produksi Dutch National Opera Academy di Den Haag, sebagai Admeto dalam Alceste di Utrecht, dan banyak lagi lainnya. 

Farman juga sangat berpengalaman tampil sebagai solis opera di luar negeri seperti Misa Coronation di Singapura, Macau International Music Festival di Macau, Misa Carl Maria Von Weber di Kanazawa (Jepang) dan sebagainya. Bahkan penampilannya sebagai solis bersama Orchestra Ensemble Kanazawa di Jepang telah direkam Warner Classic Japan dalam bentuk album yang diedarkan untuk pasar Jepang. 

Meski berangkat dari dasar musik klasik yang kuat, Farman jago juga menyanyikan genre musik non klasik. Ia juga prima membawakan lagu-lagu pop. Setelah lulus sebagai sarjana arsitektur dari ITB tahun 2002, Farman terbang ke Negeri Belanda untuk menuntut ilmu di bidang seni suara klasik di Hogeschool voor de Kunsten Utrecht hingga meraih gelar Master. Bermukim di Jakarta, pria yang akrab dipanggil Ipul ini juga aktof sebagai guru vokal dan pencipta lagu. 

Farman bisa dikontak di:
The Resonanz music Studio & Entertainment
Jl. Kertanegara No.28 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7201918
atau
The Ottava
theotta8va@gmail.com
Telp. (021) 0813 3708 2851
(mgh/foto: istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar