Selasa, 04 September 2018

ALDILA SUTJIADI : LATIHAN 2 MINGGU UNTUK EMAS ASIAN GAMES


Baru 2 minggu dipasangkan dengan seniornya, Christopher Rungkat,  Dila mampu beradaptasi dengan cepat hingga sukses memenangkan medali emas ganda campuran tenis di Asian Games yang baru berakhir. Dila memang berbakat dan gigih mengasah kemampuannya sebagai petenis. Mulai mengenal tenis sejak umur 5 tahun, Dila mulai mengikuti turnamen internasional yunior di usia 13 tahun. Usia 15, ia sudah terjun ke turnamen profesional. Beruntung, kedua orangtuanya yang pecinta tenis mendukung penuh bahkan mengarahkan Dila untuk menjadi atlet tenis profesional. Bahkan selama kuliah di University of Kentucky AS, Dila bergabung dengan tim tenis kampusnya dan tak jarang menjuarai turnamen-turnamen di negeri Paman Sam. 

Hebatnya lagi, Dila yang memilih belajar ilmu matematika ekonomi, mampu membagi waktu dengan sangat baik hingga lulus tepat waktu dari University of Kentucky dengan IPK 3,92. Pencapaian ini mebuat Dila diganjar penghargaan Elite 90, sebagai salah satu remaja berprestasi di Amerika Serikat versi The National Collegiate Athletic Associate (NCAA) Amerika Serikat. Lulus dari University of Kentucky, Dila pulang ke Indonesia dan menkuni karirnya sebagai petenis profesional. 

Sayangnya, hingga hari ini gadis kelahiran jakarta 2 Mei 1995 belum berhasil mendapat sponsor hingga harus membiayai sendiri turnamen-turnamen yang diikutinya. Padahal biaya mengikuti turnamen tenis sangat mahal, mencapai Rp 500 juta-Rp 1 milyar/tahun! Biaya sebesar itu ditanggung ayahnya, Indriatno Sutjiadi dan KONI Jawa Timur. Padahal Gadis bertinggi 170 cm ini bercita-cita bisa menembus Grand Slam dan mewakili Indonesia di Olimiade Tokyo 2010. Semoga ada perusahaan nasional yang mau menjadi sponsor untuk Dila dan atlet-atlet Indonesia lainnya agar bisa makin berprestasi. 

Keterangan foto: Dila bersama kedua orang tuanya saat wisuda di University of Kentucky (UK), Amerika Serikat, di depan patung kucing yang menjadi lambang  UK.

Prestasi:
- Medali emas tunggal putri Indonesia International Junior Championships 2010
- Medali emas ganda puri Indonesia International Junior Championships 2010
- Medali perunggu ganda putri SEA Games 2015 Singapura (bersama Jessy Rompies)
- Medali perunggu beregu putri SEA Games 2015 Singapura
- Medali emas ganda campuran Asian Games 2018 Jakarta (bersama Christopher Rungkat)
(mgh/foto: istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar