Kamis, 09 Juni 2011

OKI GUNAWAN : PENELITI SEMIKONDUKTOR IBM

     
     Masih ingat pelajar SMAN 78 Jakarta yang di tahun 1993 meraih medali Olimpiade Fisika Internasional pertama untuk Indonesia? Ya, dialah Oki Gunawan yang terpilih memperkuat Tim Olimpiade Fisika Indonesia pertama bersama 4 pelajar cerdas lain dari seluruh Indonesia. Itulah kali pertama Indonesia mengikuti Olimpiade Fisika Internasional  dan  berhasil meraih peringkat 16 dari 42 negara peserta dengan perolehan 1 medali perunggu yang disumbangkan Oki.  Sebelumnya, Oki telah menjuarai Olimpiade Fisika Se-Jawa dan Bali (1992).  


     Kini, apa kabar pejuang ilmu Indonesia? Lulus dari SMA (1993), Oki belajar electrical engineering di Nanyang Technical University di Singapura hingga meraih gelar S2. Merasa belum cukup, Oki terbang ke Amerika Serikat untuk memperdalam bidang ilmu yang sama di Princeton University hingga menyandang gelar Ph.D. Selama tinggal di Amerika, Oki telah meraih 2 penghargaan dari 2 institusi papan atas Negeri paman Sam yaitu AT&T dan IBM.


     Sejak tahun 2007 Oki berkarya sebagai peneliti semikonduktor di IBM T.J. Watson Research Center di New York, Amerika Serikat. Saat ini, Oki sedang giat mengembangkan berbagai perangkat teknologi berbasis energi sel surya.


Prestasi:
- Medali perunggu Olimpiade Fisika Internasional di Richmond, Amerika Serikat (1993)
- AT&T Leadership Award,Amerika Serikat (2000)
- Honorable Mention IBM Patent Challenge Award (2010)
(MGH/Foto:www.tofi.or.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar