Selasa, 24 Juli 2018

WILLIAM WONGSO : MEMBAWA INDONESIA UNGGULI 210 NEGARA


Prestasi membanggakan namun luput dari sorotan mayoritas media Indonesia juga datang dari pakar kuliner senior William Wongso. Flavors of Indonesia, buku resep masakan Indonesia karya Beliau  memenangkan penghargaan internasional sebagai Best Cookbook of the Year dalam ajang 22nd Gourmand World Cookbook Awards yang diadakan pertengahan tahun lalu di Yantai (RRC). Inilah kompetisi tahunan internasional paling bergengsi di dunia kuliner untuk buku masakan, anggur, dan minuman yang digelar sejak tahun 1995 dan diikuti 211 negara. 

Flavors of Indonesia berisi resep-resep masakan Indonesia beserta sejarah dan detail bahan-bahan masakannya. Dikemas cantik dengan sampul tebal dan kertas mengkilat, buku ini tampil berkelas. Apalagi foto-foto nan artistik melengkapi detail setiap masakan yang ditampilkan. Mulai masakan dari ujung Barat hingga ujung timur, dimuat di buku setebal 198 halaman ini. Lebih menarik, pak William menyertakan beberapa resep masakan Indonesia kreasi baru Beliau seperti sop kenikir, dadar pegagan, dan (nah ini favorit saya banget) urap pegagan ikan asin. Tak heran ratusan buku masakan dari 210 negara lain langsung minggir melipir.

William Wirjaatmadja Wongso lahir di Malang, Jawa Timur, tepat tanggal 12 April 1947. Selain dikenal sebagai pakar kuliner yang aktif mengisi berbagai acara kuliner di seluruh Indonesia dan pembawa acara masak memasak di TV, pak William juga pengusaha kuliner yang sangat sukses lho. Beliau memiliki beberapa restoran dan pabrik bumbu. Padahal semasa kecil Beliau bercita-cita menekuni dunia forografi seperti ayahnya, Soewadi Wongso (Wong See Hwa). Tapi karena ayahnya hobi memasak, pak William juga jadi tertarik pada bidang kuliner. Beliaupun rajin menimba ilmu tentang masakan pada para pelaku bisnis kuliner lingkaran satu alias para PKL dan pedagang di pasar tradisional. Dari merekalah pak William memperoleh pengetahuan tentang cara mengolah makanan dan pengetahuan tentang bahan makanan. Berangkat dari pengalaman itulah pak William selalu menyarankan pada siapapun yang ingin mendalami ilmu kuliner untuk belajar langsung pada para pemilik warung pinggir jalan dan pedagang pasar. 

Ingin belajar kuliner dari pakar kaliber internasional? Atau ingin ingin tahu kabar terbaru pak William? Tinggal kunjungi:
Facebook: williamwongsokuliner
Twitter: williamwwongso
Blogspot: wwkuliner.blogspot.com (eh tahunya pak William tetangga kita ya!)
(mgh/foto: istimewa)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar