Selasa, 31 Juli 2018

LIVI ZHENG : DARI BLITAR KE HOLLYWOOD


Indonesia tidak hanya punya aktor dan aktris yang berhasil menembus Hollywood. Kita juga punya Livi Zheng, wanita kelahiran Blitar yang berkiprah sebagai sutradara di pusat perfilman dunia itu. Lebih keren lagi, Livi banyak membuat karya bersetting Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Bali: Beats of Paradise dan LA's Gateway to Indonesia. Livi memang belum lama berkiprah sebagai sutradara di Hollywood. Tapi melihat progresnya selama ini, karya-karyanya semakin matang dan menjanjikan.

Sulung dari 2 bersaudara ini lahir di Blitar (Jawa Timur) tanggal 3 April 1989. Livi dibawa keluarganya pindah ke Jakarta ketika usianya baru beberapa tahun. Usia 15 tahun, Livi dan keluarganya pindah lagi ke Beijing. Hanya 3 tahun di sana, pindah lagi ke Amerika Serikat hingga kini.

Livi meraih gelar Master sinematografi dari University of Southern California (AS). Mengawali karirnya di dunia perfilman sebagai peran pengganti di usia 15 tahun, kini Livi nyaman menekuni karir sebagai sutradara, aktris, dan produser film di Hollywood. Sebagian besar karyanya bergenre laga. Livi juga sering bekerjasama dengan sang adik, Ken, yang juga berkiprah di Hollywood sebagai aktor.

Meski hanya beberapa tahun di Blitar, Livi tetap ingat dan bangga pada kota kelahirannya yang tenang itu. Lidahnyapun tetap cocok dengan makanan Jawa Timur, terutama rawon. Livi bahkan mengaku sering memasak rawon untuk para kru filmnya. Pertengahan tahun lalu Livi membawa kru film dari Amerika Serikat ke Blitar untuk membuat film dokumenter tentang kebudayaan dan potensi pariwisata kota pegunungan itu. Bukan sekedar basa-basi kalau Livi mengatakan ingin memperomosikan Blitar pada dunia. Awal Mei lalu ia mengadakan pemutaran film dokumenter Amazing Blitar di Los Angeles (AS). Tidak hanya film, para hadirin disuguhi pentas aneka budaya dan musik tradisional Blitar. 

Ingin kenal lebih dekat dengan Livi atau mencari tahu jadwal casting untuk film terbarunya, coba saja ke:
Website : www.livizheng.com
Messenger : m.me/LiviZhengPage
Email : livizheng@gmail.com
(mgh/foto: istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar