Minggu, 22 Juli 2018

DIPHA BARUS : DI PUNCAK TANGGA LAGU DUNIA



Penggemar musik EDM mana yang tak kenal DJ satu ini. Tidak hanya di Indonesia, musiknya disukai penggemar musik EDM sedunia. Singelnya yang bertajuk All Good menjadi lagu yang paling banyak diunduh di beberapa kota besar dunia termasuk Barcelona dan Mexico City awal tahun ini. All Good-pun sempat menduduki peringkat 1 tangga lagu EDM sedunia. 

Dipha Kresna Aditya Barus lahir di Jakarta tanggal 4 Januari 1986 adalah alumni desain grafis Universitas Limkokwing, Malaysia. Tapi mengakrabi berbagai jenis musik terutama rock dan pop sejak kecil lewat sang ayah yang penggemar musik, lebih merasuk ke jiwanya. Maka selepas kuliah, bukannya jadi perancang grafis sesuai 'jalurnya', Dipha memilih panggilan jiwanya: musik. Iaun memilih jadi DJ yang sudah dicita-citakan sejak SMP. Ceritanya, saat berlibur ke Singapura waktu SMP itu, Dipha sempat melihat pertunjukan musik EDM. Ia sangat tertarik melihat bagaimana seorang DJ bisa mengendalikan begitu banyak orang. Sejak itulah muncul keinginannya untuk jadi DJ. Padahal Dipha sebenarnya fobia keramaian. Jika ada di tengah keramaian, ia selalu gemetaran, gatal-gatal, dan mual. Setelah muncul niat menjadi DJ, iapun mencari cara untuk mengatasi fobianya. Dan semua teratasi dengan meditasi. 

Sebagai DJ, Dipha gemar mengeksplorasi kekayaan musik tradisi Indonesia dan memadukannya dengan musik elektronik. Itu menjadi ciri khas sekaligus kekuatan karya-karyanya. Dengan mengeksplorasi kekayaan musik asli Indonesia, Dipha berharap generasi muda tahu betapa kayanya budaya Indonesia, dan bahwa semua musik tradisi Indonesia bisa diksplor menjadi musik baru yang trendy. "Dan ini cuma Indonesia doang yang punya," tegas Dipha dengan bangga. 

"Indonesia kan 'aneh'. Di dalam 1 negara kayak ada banyak negara, suku-sukunya itu. Menurut saya, ini 'gila banget'. Orang Jawa nggak bisa berkomunikasi dengan orang Batak kalau pakai bahasa masing-masing. Apalagi instrumen musiknya! Beda banget jenis dan tangga nadanya!" jelas Dipha penuh semangat. Ya, kita semua bangga menjadi Indonesia!

Ingin diskusi tentang musik dan Indonesia dengan Dipha? Bisa dicegat di studionya di salah 1 kompleks perumahan di Jakarta Selatan. Kalau ribet nyari, kontak aja di:
myspace.com/diphabarus
soundcloud.com/diphabarus
twitter.com/diphabarus
agrikulture.com
(mgh/foto: dian gardiani)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar