Kamis, 14 April 2011

HASTOMO ARBI : PAHLAWAN PIALA THOMAS 1984


     Seperti kebanyakan pebulutangkis Indonesia lain, Hastomo berasal dari keluarga pecinta bulutangkis. Bahkan 2 adiknya, Eddy Hartono dan si bungsu Hariyanto Arbi juga harum namanya di perbulutangkisan dunia era 80-90-an (wah, seperti Ibu kita Kartini ya, harum namanya!)

     Hastomo sendiri mencapai puncak karirnya pada tahun 1984 ketika mengalahkan pebulutangkis andalan Cina, Han Jian pada laga final Piala Thomas. Hasilnya, tentu, Indonesia menang dan Hastomo dijuluki Pahlawan Piala Thomas. Saking populernya Hastomo waktu itu, ia digaet produser rekaman album lagu pop. Judul albumnya 'Sentuhan Cinta' diambil dari judul lagu andalan yang diciptakan Pance Pondaag, penulis lagu yang juga sangat populer masa itu. 

     Mulai menekuni bulutangkis sejak umur 6 tahun dan dibesarkan PB Djarum Kudus, pelahap bakmi Jawa ini bukan kacang lupa kulitnya. Setelah gantung raket, pria kelahiran Kudus (Jawa Tengah) tanggal 5 Agustus 1958 ini kembali ke kota kelahirannya dan melatih di klub yang membesarkannya, PB Djarum. Di waktu senggang ia gemar bersepeda gunung dan menonton sepak bola. 

Prestasi:
- Juara SEA Games 1979
- Juara 2 Indonesia Terbuka 1983 
- Juara Piala Thomas 1984 (bersama Tim Indonesia)
- Juara 2 Indonesia Terbuka 1984
(MGH/Foto:pbdjarum.org)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar