Minggu, 10 April 2011

ELFIRA ROSA NASUTION : MELATIH RENANG DI AMERIKA

     Apa kabar ratu renang Indonesia era 80-an Elfira Rosa Nasution? Lama bergerak di belakang layar sebagai pelatih dan pemilik klub renang Elfira Swima Gemilang (ESG), Evi (begitu nama akrabnya) hijrah ke Amerika Serikat bersama suaminya yang juga mantan atlet renang Indonesia Gerald HP Item beserta 2 anak mereka: Nigel dan Nicole. Wah berganti kewarganegaraankah Evi? Jangan khawatir, Evi dan keluarga tidak membelot ataupun ganti kewarganegaraan. Mereka pindah ke negeri Paman Sam karena Evi dan Gerald melatih di California.

     Ya betul! Di negara yang tinggi prestasi renangnya itulah Evi melatih perenang yunior sementara sang suami melatih perenang senior di satu klub renang. Namun menurut wanita Medan ini, alasan utama kepindahannya ke Amerika adalah demi pendidikan kedua anaknya. Nigel dan Nicole memang bersekolah di Amerika. Bukannya untuk sok-sokan, Evi memang berusaha memberikan pendidikan yang sebaik mungkin bagi kedua buah hatinya demi masa depan mereka. Apalagi Evi mengaku tetap menanamkan nasionalisme dan selalu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari dalam keluarga. 

     Meski menomorsatukan pendidikan, Evi berharap putra-putrinya juga menjadi perenang handal. Tak heran, Nigel dan Nicole juga tekun berlatih di salah satu klub renang. Evi sendiri tak hanya sukses di kolam renang, namun sukses menyelesaikan pendidikan di bidang seni desain interior dari California State University di Los Angeles. 

     Evi memang berasal dari keluarga dengan 'budaya' renang yang kental. Pecinta renang mana yang tak kenal dengan sang ayah, Raja Nasution, sang pelatih renang legendaris asal Medan. Raja berhasil mencetak anak-anaknya menjadi perenang tangguh. Siapa tak kenal Elfira Rosa Nasution dan adik-adiknya: Maya Masita Nasution, Elsa Manora Nasution, Akbar Nasution, dan Kevin Rose Nasution! Semua perenang handal pada masanya. 

     Tidak hanya sibuk melatih calon-calon atlet Amerika, Evi juga melatih atlet-atlet renang Indonesia yang dikirim berlatih di Amerika. Iapun rutin pulang ke Indonesia, sekalian menengok klub renangnya yang semakin mapan. (MGH/Foto:www.tempointeractive.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar