Minggu, 06 Juli 2014

YASUO FUKUDA : MANTAN PERDANA MENTERI YANG CINTA INDONESIA


Ada satu hal yang luput dari sorotan media tentang Yasuo Fukuda, Perdana Menteri ke-91 Jepang dari Liberal Democratic Party (LDP), yaitu ketertarikan Beliau yang besar pada Indonesia. Beliau adalah ketua organisasi persahabatan Jepang-Indonesia Japan-Indonesia Association (JAPINDA) sejak sebelum menjabat Perdana Menteri hingga kini. 

Selain giat memperkenalkan kebudayaan Indonesia pada masyarakat Jepang melalui pameran dan festival seni, JAPINDA aktif mendorong penanaman modal Jepang di Indonesia. Yasuo-san sendiri yang memimpin rombongan pengusaha Jepang ke Indonesia. Aktivitas ini tetap berlanjut selama masa jabatannya sebagai Perdana Menteri hingga kini. Beliaupun sangat akrab dengan para diplomat Indonesia di Jepang. Bahkan ketika menjadi Perdana Menteri, Yasuo-san terlihat sesekali makan berdua dengan Dubes Indonesia tanpa pengawalan dan ajudan. Dua tahun lalu, Yasuo-san memimpin delegasi puluhan pengusaha Jepang ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Secara khusus, JAPINDA juga selalu mengadakan acara penyambutan khusus untuk Duta Besar Indonesia yang baru bertugas di Jepang.

Yasuo Fukuda lahir di Takasaki (Jepang), 16 Juli 1936. Ialah putra sulung Takeo Fukuda, Perdana Menteri Jepang yang menjabat 1976-1978. Lulus universitas prestisius Jepang, Waseda, Yasuo-San sempat bekerja di perusahaan minyak selama 17 tahun. SuamiKyoko-san ini beralih ke bidang politik ketika sang ayah terpilih menjadi Perdana Menteri. Jabatan pertamanya yaitu sekretaris utama sang ayah sambil meniti karir sebagai politikus di LDP, partai yang juga dibela sang ayah. Sejak itu karir Yasuo-san terus menanjak hingga puncaknya menduduki kursi Perdana Menteri hingga tahun 2008.(MGH/Foto: Yoshikazu Tsuno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar