Kamis, 03 Juli 2014

SIDROTUN NAIM : DARI HARVARD UNTUK ILMU PENGETAHUAN INDONESIA


Lahir dari keluarga sederhana tak menghalanginya berprestasi di tingkat internasional. Sidrotun Naim, ilmuwati muda kelahiran Sukoharjo (Jawa Tengah) adalah salah seorang pemenang L'Oreal Unesco FWIS International 2012. Inilah penghargaan untuk 15 ilmuwan dari seluruh dunia yang diberikan perusahaan kosmetik Perancis, L'Oreal.

Sidrotun Naim lahir di keluarga besar pasangan Alm. Abidullah dengan Siti Musrifah. Sebagai seorang guru agama, Pak Abidullah mendidik ke-11 putra-putri Beliau dalam atmosfer keilmuan yang kental. Alih-alih menonton TV, Pak Abidullah membiasakan putra-putrinya mendengarkan radio  luar negeri dan membaca. Sidrotun mengenang, di pertengahan tahun 70-an ayahnya melanjutkan studi ke Inggris atas beasiswa dari British Council. Pulangnya, Beliau membawa oleh-oleh sangat banyak buku-buku baru hingga mereka membuka perpustakaan. Ya itulah oleh-olehnya. Tak heran ke-11 putra-putri mereka semua meraih gelar S1, separuhnya S2 dan 2 orang termasuk Sidrotun meraih S3. 

Sidrotun menikah dengan Dedi Pribadi, alumnus Fisika ITB dan dikaruniai buah hati nan cerdas bernama Elhurr. Uniknya, sang suami kemudian lebih tertarik pendalami psikologi pendidikan di University of Arizona,Tucson (Amerika Serikat). Sidrotun sendiri saat ini menjadi peneliti di Harvard Medical School (Amerika Serikat). Ia berharap ilmu dan pengalaman sebagai peneliti di Negeri Paman Sam dapat banyak berkontribusi bagi industri udang dan dunia ilmu pengetahuan Indonesia. (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar