Kamis, 07 Juli 2011

MASRURI RAHMAN : JUARA DUNIA CATUR BERKAT SEPOTONG ROTI

     Awalnya bermain catur demi sepotong roti, kini remaja 15 tahun ini telah menyandang gelar Juara Dunia Catur Yunior Kelompok Umur 15 tahun di Thessaloniki, Yunani, Awal tahun ini.  Ruri, demikian anak ke 5 dari 6 bersaudara ini biasa dipanggil, mengenal catur saat umurnya 7 tahun. Awalnya, ia bermain catur karena dibujuk sang ayah dengan sepotong roti. Ayahnya, Mudakkir Rahman yang bekerja sebagai pengemudi bajaj, memang gemar bermain catur. Tak disangka, di sinilah bakat Ruri yang sebenarnya.
     Tahun 2007, saat usianya 11 tahun, Ruri berhasil menduduki tempat ketiga pada Kejuaraan Dunia Catur Pelajar. Salah seorang kakak Ruri, Nicolas, juga menekuni catur. Jadi bisa dibilang keluarga Mudakkir Rahman-Kasem adalah keluarga catur. 
     Prestasi Ruri di tingkat internasional mulai membawa perbaikan kehidupan keluarganya. Meskipun masih tinggal di rumah petak kontrakan yang sangat sederhana, namun sang ayah tak lagi menjadi pengemudi bajaj. Mudakkir kini telah memiliki bengkel bajaj kecil. Ruri sendiri sedang mengejar cita-citanya yang lain, yaitu menjadi seorang dokter. (MGH/Foto:Suara Pembaruan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar