Jumat, 21 Desember 2018

TYOVAN ARI WIDAGDO : MEMBERDAYAKAN WARGA PEDESAAN



Lewat aplikasi belajar bahasa asing Bahaso yang dibuatnya tahun 2015 Tyovan Ari Widagdo menyabet sejumlah penghargaan internasional sekaligus membawa nama Indonesia ke jajaran negara IT dunia. Iapun laris manis diundang ke berbagai negara sebagai pembicara di berbagai kegiatan bertema kepemudaan dan pendidikan antara lain di Singapura dan Korea Selatan. Untuk yang belum tahu, Bahaso adalah aplikasi belajar bahasa  asing secara online yang nantinya akan menawarkan 11 bahasa, diantaranya Inggris dan Mandarin. 

Pemuda yang biasa disapa Opan ini lahir di Wonosobo tanggal 12 Januari 1990. Opan adalah alumnus Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara. Memutuskan bekerja mandiri setelah lulus, Opan menyadari pentingnya penguasaan bahasa asing di era informasi ini. Terpikir olehnya para pedagang kecil, warga pedesaan, dan para buruh migran yang pasti akan lebih bisa memberdayakan diri sendiri apabila menguasai bahasa asing. Dari sinilah muncul idenya menciptakan Bahaso. Tidak semata-mata mengejar keuntungan, Opan juga memberikan kesempatan belajar bahasa asing di Bahaso secara gratis bagi 5000 orang yang tinggal di kota-kota kecil dan pedesaan di Indonesia. 

Atas kiprahnya ini, Opan dianugerahi sejumlah penghargaan internasional antara lain masuk daftar 30 anak muda Asia di bawah umur 30 tahun yang paling berprestasi di bidangnya di tahun 2017 "30 Under 30" dari majalah Forbes, salah satu dari 100 penemu paling hebat di dunia versi lembaga inovasi Amerika Serikat YouNoodle. Bukan hanya Opan, aplikasinya juga menyabet penghargaan sebagai The Best Apps 2018 kategori self improvement dari Google Play, mengalahkan ratusan aplikasi sejenis dari seluruh dunia.

Pemuda ramah ini bisa dihubungi di: 
Facebook: tyovanari
LikedIn: tyovan
Twitter: @tyovan
Website: tyovan.com 
(mgh/foto: istimewa)

1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus