Rabu, 19 Desember 2018

MARTIN SURYA : NOMINATOR EMMY AWARDS ASAL INDONESIA



Namanya memang kurang bergaung di Indonesia. Padahal Martin Surya adalah salah satu orang Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi di pusat perfilman dunia: Hollywood. Bukan sebagai aktor, tapi sebagai perancang grafis film. Martin telah dipercaya mengerjakan opening/main title banyak film top Hollywood seperti Paycheck, The Interpreter, The Last Shot, The Recruit, dan Spygame. Sejumlah nama besar juga telah menjadi kliennya, salah satunya Oprah Winfrey.

Mulai menekuni karir sebagai perancang grafis (graphic designer) sejak lulus sarjana desain tahun 2000, Martin mengkhususkan diri menggarap desain gambar bergerak. Martin adalah alumni universitas desain terkenal di Amerika Serikat, Art Center College of Design di Pasadena (AS). Inilah kampus yang menghasilkan nama-nama besar di bidang seni AS seperti Mike Shinoda, Michael Bay, Kevin Mack, Willie G. Davidson, dan banyak lainnya. Sempat bekerja di banyak biro perancang grafis, Martin kemudian memilih bekerja secara mandiri (freelance) mulai tahun 2007 hingga kini. Pengalamannya bekerja di banyak biro perancang grafis terkemuka membuat Martin bisa menimba banyak pengetahuan dan pengalaman di bidangnya. Ia bahkan sempat masuk nominasi Emmy Awards meskipun belum beruntung menjadi pemenang. 

Martin tinggal di Los Angeles (AS) bersama istri, putrinya yang masih bayi, dan beberapa anjing lucu (ya, salah satunya yang di foto ini). Martin bisa dihubungi lewat:
Email: tinsurya@gmail.com
Instagram: @imadoctore
LinkedIn: tinsurya
Website: martinsurya.com

Penghargaan:
- Communication Arts 2001
- Graphis Annual 2001
- Poster of The Year, Dark Horizon Website 2001
- Telly Awards     2002
- Type Director Club 51 2004
- BDA Design Awards
- Gold Awards Promax 2005
(mgh/foto: istimewa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar