Selasa, 18 Desember 2018

HANIFAN YUDANI KUSUMAH : SANG PEMERSATU KEDUA CAPRES




Inilah atlet paling fenomenal sepanjang perhelatan Asian Games pertengahan tahun ini. Selain karena keberhasilannya menyabet medali emas pencak silat dari nomor tarung kelas C:55-60 kg putra, ialah satu-satunya atlet yang mampu menyatukan kedua capres Indonesia Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang sama-sama menonton. Begitu dipastikan menjadi pemenang, Hanifan langsung lari berkeliling arena kemudian menghampiri kedua tamu kehormatan, Jokowi dan Prabowo lalu memeluk keduanya. Momen ini langsung diabadikan para penonton lain dan semua media lalu menjadi momen paling tak terlupakan dari Asian Games 2018.

Hanifan Yudani Kusumah atau akrab disapa "Hanif" adalah atlet pencak silat kelahiran Bandung, 25 Oktober 1997. Seperti kebanyakan atlet lain, Hanif juga lahir di keluarga atlet.  Kedua orangtuanya, Dani Wisnu dan Dewi Yanti adalah atlet pencak silat. Tak heran, keduanya mendukung penuh bakat Hanif sebagai atlet pencak silat. Kelas 2 SD, Hanif sudah bergabung dengan perguruan pencak silat Tadjimalela. Sehari-hari Hanif dikenal ramah dan humoris. 

Selain prestasi dan 'keberhasilannya menyatukan' kedua capres di final pencak silat Asian Games lalu, kisah asmara Hanif juga menaik perhatian media dan masyarakat. Pasalnya Pipit Kamelia atlet pencak silat yang ketika itu kekasihnya, juga berhasil memboyong medali emas nomor tarung kelas D:60-65 kg putri. Kebahagiaan pasangan emas ini makin sempurna ketika Hanif resmi menikahi Pipit awal Oktober lalu. 
Instagram: hanifan_yk

Prestasi:
- Medali emas pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra Malaysia Open 2015
- Medali emas pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra Malaysia Open 2016
- Medali emas pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra World Champions Bali 2016
- Medali perunggu pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra SEA Games Kuala Lumpur 2017
- Medali perak pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra Asian Championships Korea 2017
- Medali perak pencak silat nomor tarung kelas C;55-60 kg putra Malaysia Open Pinang 2017
- Medali emas pencak silat nomor tarung kelas C:55-60 kg putra, Asian Games Jakarta-Palembang 2018
(mgh/foto: istimewa)

1 komentar: