Kamis, 04 Oktober 2012

TOHPATI : MENEMBUS PASAR MUSIK DUNIA LEWAT 4 ALBUM


Diam-diam, musisi papan atas ini telah melahirkan 4 album internasional di bawah label MoonJune Records yang bermarka di New York (Amerika Serikat). Keempat album itu: 'Patahan' dan 'Demi Masa' dari proyeknya bersama beberapa musisi jazz Simak Dialog, 'Save The Planet' dari proyeknya Tohpati & Ethnomission, serta 'Riot' garapan Tohpati Bertiga. Yang terakhir ini trio yang digawanginya bersama 2 musisi handal lainnya, Indro Hardjodikoro dan Bowo). Tak hanya rekaman, Tohpati telah tampil di panggung-panggung musik di beberapa negara. Bersama Ethnomission, ia telah unjuk kebolehan di Brasil, Belanda, dan Jerman. Sedangkan Malaysia dan Nepal ditaklukkannya bersama 'proyek'nya yang lain, Simak Dialog.

Minatnya pada musik mulai tumbuh saat usia 4 tahun karena sering melihat sang paman bermain gitar. Tohpati kecil bahkan mantap belajar gitar di Yayasan Musik Indonesia. Menginjak remaja, ia mulai bermain dalam band yang dibentuknya bersama kakak-kakaknya. Namun namanya mulai diperhitungkan di blantika musik Indonesia saat bergabung dalam band beraliran jazz, Halmahera yang salah satu personilnya, Indro, tetap jadi partner musik Tohpati hingga kini. 

Lahir 25 Juli 1971 dan menikah dengan Ratih Mustikawati, nama Tohpati sempat meramaikan berita hiburan Indonesia kala dirinya disebut-sebut mempunyai hubungan khusus dengan penyanyi Krisdayanti yang juga telah terikat pernikahan. Toh hingga kini bahtera rumah tangganya dengan Ratih tetap kokoh bertahan bahkan telah dikaruniai 2 putri cantik: Saskia Gita Sakanti dan Adwitya Gita Tisti. Tohpati punya nama lengkap Tohpati Ario Hutomo tapi biasa dipanggil Bontot di kalangan terdekatnya. Maklum, ia memang putra bungsu pasangan Harnoko Hadisubroto dan Siti Werdhi Harini. 

Mau kirim surat bisa lewat manajemennya di alamat: Jl. Tebet Dalam IV No. 65 Tebet, Jakarta Selatan. Telp. (021) 8315858 atau ponsel: 08121234722 / 08121241722  Websitenya: www.tohpati-music.com atau tohpatimusic.wordpress.com (MGH/Foto: Koleksi Pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar