Kamis, 04 Oktober 2012

SMKN 4 MATARAM : PRESTASINYA KELAS DUNIA

Lokasinya boleh jauh dari ibu kota, bahkan di luar pulau Jawa yang dianggap barometer pendidikan Nasional. Namun soal prestasi, sekolah kejuruan ini jauh melampaui rata-rata sekolah lain di pulau Jawa termasuk ibu kota. Simak saja, selama 2 tahun berturut-turut, siswa jurusan tata busana keluar sebagai pemenang pertama  ajang kompetensi siswa sekolah kejuruan se-ASEAN: ASEAN Skill Competition (2010-2011). Menjadi yang terbaik di tingkat ASEAN, siswa tata busana SMKN 4 Mataram maju ke tingkat internasional. Hasilnya cukup membanggakan: peringkat 7 World Skill Competition (WSC)  di Kanada (2010) dan peringkat 6 WSC di London (2011). 

Tak hanya di bidang tata busana, prestasi internasional SMKN 4 Mataram dibuktikan dengan dikirimnya 2 guru tata kecantikan mereka oleh UNESCO ke Timor Leste. Kedua guru tersebut akan memberikan pelatihan tata rambut pada para pemuda-pemudi setempat dalam program yang disponsori UNESCO. Lebih dari itu, prestasi dan keterampilan para siswa jurusan tata busana menarik perhatian satu perusahaan di negeri Belanda yang kontan menawarkan kerja sama. Dalam kerjasama itu, SMKN 4 diminta mengirim produk-produk bernilai jual seperti tas komputer jinjing, rok pantai dari bahan tenun dan sebagainya. Pokoknya karya-karya tata busana. Semua komoditas itu akan dipasarkan di negeri kincir angin. 

Sayangnya, meski prestasi dan penghargaan internasional semakin banyak, namun SMKN 4 masih kekurangan siswa tata busana. Padahal prospek jurusan ini semakin cerah, apalagi pesanan dari dalam negeri sendiri terhadap karya siswa tata busana SMKN 4 Mataram semakin membanjir. Untuk meningkatkan jumlah siswa, sekolah kaliber internasional ini akan lebih menggalakkan promosi khususnya untuk jurusan tata busana. (MGH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar