Rabu, 15 Mei 2013

JONATHAN SIANTURI : 5 MEDALI EMAS DI TENGAH CEDERA


Pecinta senam Indonesia pasti akan langsung teringat Jonathan Sianturi apabila ditanya siapa pesenam putra legendaris negeri ini. Tak hanya prestasinya yang belum ada tertandingi pesenam putra lain di Indonesia hingga saat ini, Jonathan juga memiliki semangat dan dedikasi yang mengagumkan. Ini antara lain ditunjukkannya dalam SEA Games 1997. Meski sedang menderita cedera, Jonathan berhasil mempersembahkan 5 medali emas! Sepanjang karirnya sebagai pesenam, Jonathan memenangkan 14 medali emas SEA Games dan 2 medali emas Commonwealth Games. 

Pria bernama lengkap Jonathan Mangiring Sianturi adalah putra ke-4 pasangan Oloan Sianturi dan Samaria Simamora. Jonathan lahir di Jakarta tahun 1972. Kedua orangtuanyalah yang paling berperan hingga Jonathan menjadi legenda senam Indonesia. Berawal dari sang ayah yang mengajak Jonathan kecil melihat latihan senam di stadion hingga Jonathan tertarik ikut berlatih senam. Namun dalam waktu singkat, Jonathan sudah bosan dan enggan berlatih senam lagi. Tak putus asa, kedua orangtuanya terus membujuk agar Jonathan mau kembali berlatih senam. Salah satunya, dengan membelikan mobil-mobilan. Tak sia-sia. Jonathan mau berlatih senam lagi bahkan prestasinya makin cemerlang hingga bergabung dengan Pelatnas saat usianya baru 14 tahun.

Ayah 3 putrin ini mundur sebagai atlet di tahun 2004 dan beralih menjadi pelatih senam putra Pelatnas hingga kini, di samping aktif sebagai pengurus Pusat Persatuan Senam Indonesia. Harapannya kini, anak-anak latihnya mampu berprestasi melebihi dirinya di masa jaya dulu. (MGH/Foto: Kompas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar