Kamis, 29 November 2012

LETKOL (INF) IWAN SETIAWAN : SUKSES PIMPIN PENDAKIAN EVEREST


Kesuksesan Ekspedisi Mount Everest menaklukkan gunung tertinggi di dunia Everest (1997) tak lepas dari peran Letkol (Inf) Iwan Setiawan yang kala itu memimpin Tim Selatan. Dengan semangat baja dan sikap pantang menyerah, Pak Iwan memimpin anggotanya terus mendaki puncak hingga akhirnya berhasil menjejakkan kaki di gunung berjulukan atap dunia bersama Pratu  Asmujiono dan Sersan Misirin. Prestasi ini mengukuhkan ketiganya sebagai anggota militer pertama di dunia yang berhasil menaklukkan puncak Everest. 

Kala itu, Pak Iwan masih berusia 29 tahun dan berpangkat Lettu. Lewat seleksi yang sangat ketat, Iwan berhasil masuk anggota Ekspedisi Mount Everest yang disiapkan untuk menaklukkan gunung tertinggi di dunia. Pak  Iwan bahkan terpilih memimpin Tim Selatan. Sekedar informasi, Ekspedisi Mount Everest memang dibagi menjadi 2 tim: Selatan dan Utara. Sesuai namanya, masing-masing tim mendaki Everest lewat jalur Selatan (Nepal) dan Utara (Tibet). Tim jalur utara dipimpin Richard Pavlowski. 

Persiapan ekspedisi terhitung cukup singkat, hanya 3,5 bulan di bawah pengawasan pelatih asal Rusia. Sebelumnya, anggota tim disaring melalui seleksi ekstra ketat antara lain mendaki gunung Gede dan gunung Putri, renang, dan lari sprint naik-turun tangga. Letkol Iwan mengenang, suhu di Everest menyentuh titik -50 derajat celcius saat para anggota ekspedisi melakukan pendakian yang memakan waktu 5 hari itu. Hasilnya, sudah kita ketahui bersama. Merah Putih berhasil dikibarkan di puncak Everest dan seluruh anggota Ekspedisi Mount Everest pulang dengan selamat. Indonesia tercatat sebagai negara pertama di dunia yang personil militernya sukses menaklukkan Everest! (MGH/Foto: Jess)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar