Jumat, 28 Juni 2013

SAMI BASRI : SUPERMAN DARI TANGANNYA...


Penggemar komik superhero boleh berbangga karena makin banyak putra Indonesia berkontribusi  dalam terbitan komik internasional. Salah satunya, Sami Basri, ilustrator komik-komik tersohor seperti Superman, Supergirl, Power Girl, Witchblade, Voodoo, dan banyak lainnya. Setidaknya puluhan komik terbitan raksasa komik internasional DC Comics yang bermarkas di Amerika Serikat telah dihiasi karya Sami. Tak heran namanya sangat dikenal para penggemar komik dunia. Gambar sketsa asli coretan tangannya bahkan termasuk yang diburu para kolektor komik dan laku jutaan rupiah per gambar. 

Sami, anak ke-2 dari 3 bersaudara ternyata bukan berasal dari keluarga seniman. ia menyebut keluarganya normal dan membosankan. Yah kira-kira seperti keluarga Indonesia lain yang menganut aliran konvensional, kerja harus ngantor tiap hari. Dengan latar belakang itu, Samipun hidup 'normal', termasuk kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual hingga lulus.  

Ketertarikannya pada komik mulai ketika membaca Dragon Ball karya komikus Jepang Akira Toriyama. Minat ini pula yang mendorongnya berani mengambil resiko dengan membuat komik sebagai tugas akhirnya untuk meraih gelar sarjana. Hasilnya? Tentu saja sukses! Tak hanya lulus, Samipun akhirnya mendapat pekerjaan sebagai ilustrator komik di Imaginary Friends Studios, Singapura. Dari sinilah jalan ke tataran internasional terbuka, Sami mengikuti seleksi ilustrator untuk komik Witchblade terbitan CD Comics. Lolos! Lebih dari itu, karyanya pas benar di hati 'orang-orang' DC Comics. Samipun dipercaya mengerjakan komik-komik terkenal lainnya.

Menyukai ketenangan, Sami paling nyaman bekerja larut malam sambil ditemani kopi favoritnya. Soal kopi, memang wajib ada. Sami bahkan mengaku kecanduan minuman pekat satu ini. Tak hanya suka tenang saat bekerja, Sami juga menyukai ketenangan saat berlibur. Karena itu, daerah pegunungan nan tenang dan jauh dari keriuhan yang selalu dipilihnya melepas penat. Hobinya selain menggambar adalah menonton film. Favoritnya The Notebook dan Bambi. Kalau acara TV sih dia paling suka nonton American Idol.  

Kesibukannya sebagai ilustrator komik-komik ternama internasional tidak membuatnya melupakan negeri sendiri. Sami tetap menjadi kontributor untuk komik online Indonesia dan bersama beberapa teman sesama komikus Indonesia menciptakan komik superhero asli Indonesia. 

Sami bisa dikontak lewat email info@imaginaryfs.com. Kalau sekedar ingin tahu kabar terakhir, intip saja di www.imaginaryfs.com.  Untuk Anda semua, Sami menitipkan pesan singkat, "Lakukan apa yang Anda sukai."(MGH/Foto:Comic Vine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar